Gejala Sesak Nafas

sesak nafasGejala sesak nafas merupakan keluhan yang subjektif dalam artian keluhan-keluhan yang terjadi merupakan keluhan umum yang dirasakan oleh penderita sesak nafas.

Gejala sesak nafas dapat berupa rasa tidak nyaman, nyeri dan perasaan nafas yang berat. Pada penderita sesak nafas, intensitas pernafasan dapat meningkat di atas 24 kali per menit. Sesak nafas merupakan gejala dari penyakit gangguan pernapasan yang cuku serius dan dapat mengakibatkan pada kematian.

Kebanyakan yang terjadi pada penyakit sesak nafas, penderita selalu bergantung pada alat bantu pernapasan (inhaler) untuk membantu melegakan pernapasan dan memberi oksigen baru pada penderita sesak nafas, ketika sesak nafas dirasakan dan datang tiba-tiba.

Gejala sesak nafas dapat digolongkan menjadi 2 bagian berdasarkan penyebab sesak nafas itu sendiri yakni sesak nafas organik dan non organik.

a. Sesak nafas organik terjadi karena adanya kelainan pada salah satu organ tubuh yang berkaitan erat dengan organ pernafasan misalnya seperti jantung.

Sesak nafas organik ini dapat disebabkan adanya suatu kelainan pada salah satu fungsi organ tubuh seperti jantung bahkan ginjal yang menyebabkan terjadi keluhan dan gejala sesak nafas. Kelainan pada jantung, ginjal dan organ tubuh lainnya juga dapat disebabkan oleh penyakit yang menyertainya, seperti memiliki riwayat gagal jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan kelainan pada paru-paru.

Sesak nafas yang disebabkan adanya kelainan paru ini dapat berimbas pada penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK). Awal dair penyakit paru obstruktif kronik adalah sesak nafas yang diakibatkan oleh aliran udara yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dikembalikan dalam keadaan semula. Sehingga oksigen dan udara tertahan di paru-paru dan menyebabkan dada terasa sesak.

Selain itu gejala tersebut juga dapat disertai dengan batuk. Batuk diperlukan untuk membuat celah di dalam rongga paru agar nafas terasa lebih baik dan untuk mengeluarkan dahak atau riak yang menyebabkan paru-paru semakin sulit untuk menghantarkan oksigen keluar kembali.

Untuk mengatasi penyakit sesak nafas yang mengakibatkan penyakit obstruktif paru kronik diperlukan pemeriksaan CT scan atau rontgen dada untuk melihat keadaan paru-paru dan saluran pernapasan lainnya untuk menentukan pengobatan yang tepat.

b. Sesak nafas non organik atau berupa gangguan psikis yang tidak disertai oleh kelainan fisik. Umumnya gejala sesak nafas non organik ini disebabkan oleh faktor keturunan dari salah satu anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit sesak nafas kronik. Umumnya gejala sesak nafas non organik ini banyak diderita oleh mereka para usia muda dan lebih rentan terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita. Pria memiliki risiko lebih tinggi diturunkan suatu penyakit dari gen dan diliputi oleh pola hidup yang sebagian pria di dunia adalah perokok aktif.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Sesak Nafas dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sesak Nafas and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *